Sekretariat Rektor
Universitas Muhammadiyah Malang
Sekretariat Rektor
Universitas Muhammadiyah Malang

Biografi

 

 

biografirektor

 
Fauzan adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dikenal sebagai seorang intelektual Muslim yang memiliki kepakaran multidisipliner. Tak hanya bidang manajemen pendidikan, ia juga menguasai bidang agama, sosiologi, dan politik  ia juga dikenal luas sebagai tokoh pendidikan yang lahir dari rahim Persyarikatan Muhammadiyah dan mewakafkan sebagian besar waktunya untuk mengurus umat dan bangsa melalui dunia pendidikan.

Karier Fauzan di UMM diawali sebagai dosen Takmir pada tahun 1988, kemudian memegang beberapa jabatan strategis di UMM antara lain: Sekretaris Rektor, Kepala Biro Administrasi Umum, Dekan FKIP dan Pembantu Rektor II. Pada akhirnya ia memperoleh amanah sebagai rektor sejak 2016, dan terus dipercaya baik oleh civitas akademika UMM maupun Pimpinan Pusat Muhammadiyah hingga saat ini.

Gaya kempimpinan Fauzan yang terispirasi dari rektor pendahulunya di UMM yang sering berfikir out of the box tak jarang melahirkan karya-karya besar. Di bawah kepemimpinannya, UMM maju pesat dengan berbagai kepeloporan dan menjadi trend bagi pengembangan kampus-kampus lain. UMM merupakan kampus yang memulai membangun virus kewirausahaan melalui unit-unit profit center yang berhasil. Di samping itu, sebagai kampus swasta UMM justru lebih awal membangun dan mengoperasikan Rumah Sakit Pendidikan dengan swadana dan kini cukup berhasil. Sebelumnya, UMM telah menjadi contoh yang baik dalam mengembangkan energi alternatif bahkan meraih prestasi tingkat ASEAN berkat pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).  

 

   

 

 

 

Drs. Fauzan, M.Pd
Rektor UMM


Konsep kampus wisata edukasi juga dikembangkan Fauzan dengan membangun iklim hijau, sehat, bebas asap di kawasan kampusnya, bahkan berhasil mengakuisisi tempat wisata legendaris Taman Rekreasi Sengkaling. Mimpi Fauzan menjadikan UMM seperti kampus nomor wahid di dunia, Harvard University, terus direalisasikan melalui langkah-langkah nyata. UMM kini menjadi kampus yang disegani dan selalu menunjukkan prestasi sejajar bahkan bisa lebih tinggi daripada kampus-kampus besar lain maupun kampus negeri.


Rektor yang sedang menempuh Program Doktor pada Universitas Negeri Surabata (UNESA) ini memulai jenjang pendidikannya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di UMM tahun 1983. Selanjutnya ia menyelesaikan studi dan memperoleh Magister Pendidikan di IKIP Negeri Malang (sekarang UM) pada 2005.


Selain mengabdikan diri di bidang pendidikan, Fauzan juga dikenal sebagai seorang aktivis sosial yang memiliki peran signifikan pada sejumlah organisasi dan lembaga. Di Muhammadiyah, ia pernah menjadi pengurus, mulai dari tingkat ranting hingga Pimpinan Pusat (PP). Di luar Muhammadiyah, saat ini menjabat sebagai Dewan Pembina Forum Rektor Indonesia, Pengurus Pusat Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS), Pengurus APTISI Pusat dan Jawa Timur, dan Dewan Penasehat INTI Malang Raya. (*)

Shared: